KEWIRAUSAHAAN (BISNIS JATI)

TUGAS MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN

“BISNIS JATI “

Dosen mata kuliah : Ibu Dwi Purwanti, S.Kp., SST., M.Kes

 

 

Disusun oleh :

Ananda Ayu Mauliantika ( P27824114026 )

 

KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA

POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES SURABAYA

JURUSAN KEBIDANAN

PRODI D III KEBIDANAN SUTOMO

TAHUN AJARAN 2014/2015

 

 

 

 

DAFTAR ISI

 

BAB I PENDAHULUAN

  • Latar belakang…………………………………………………………………1
  • Rumusan Masalah………………………………………………………………1
  • Tujuan ………………………………………………………………………….2

BAB II PEMBAHASAN

2.1  Mengapa Jati Sebagai Objek Usaha ?……………….…………………………3

2.2  Kemudahan berbisnis Jati……………………………………….…………….4

2.3  Tips Berbisnis Jati………………………………………………..…………..5

 

BAB III PENUTUP……………………………………………………………….……8

3.1 Kesimpulan………………………………………………………….…….…8

3.2 Saran………………………………………………………………….………9

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

  • Latar Belakang

 

Mengingat sempitnya lapangan kerja yang berbanding terbalik dengan pelamar pekerjaan tentunya membuat negeri ini tinggi akan angka pengangguran. Merujuk pada hal tersebut mendorong manusia untuk membuka lapangan kerja baru yang akan menampung banyak tenaga kerja. Salah satunya dengan berbisnis jati dengan tujuan tidak semata-mata menguntungkan diri sendiri, tetapi dengan bisnis ini kita dapat membuat lapangan pekerjaan baru sehingga mengurangi angka pengangguran yang ada.

Selain itu mengapa kita memilih jati sebagai objek bisnis kita yakni karena Kayu Jati banyak digunakan untuk berbagai keperluan dan sifat kayu jati yang tahan lama. Pohon jati bernilai ekonomi dari daun hingga akarnya. Pohon ini juga sangak fleksible karna dapat  tumbuh tinggi dan besar pada daerah suburdan cukup air namun pohon ini juga dapat hidup di daerah kering, karena saat musim kemarau pohon jati akan menggugurkan daunnya, dan akan menumbuhkan lagi daunnya disaat persediaan air sudah cukup yaitu saat musin hujan. Menanam pohon jati akan membantu mengatasi masalah kekurangan pasokan kayu jati ke pasaran dalam maupun luar negeri di masa yang akan datang. Di Jerman, seperti dikutip dari Mirror Kayu jati bahkan di manfaatkan untuk bahan baku replica mobil.

Diluar itu, isu pemanasan global yang semakin marak belakangan ini mendorong pemerintah mengadakan upaya penghijauan. Dengan menanam jati tentu anda telah memberikan kontribusi kepada pemerintah dalam hal program penghijauan.

Oleh karena beberapa hal diatas kami bermaksud membuat makalah yang akan membahas lebih jauh tentang mengapa kita memilih berbisnis jati,kemudahan berbisnis jati, tips untuk berbisnis jati  .

 

  • Rumusan Masalah
  1. Mengapa memilih jati sebagai objek usaha ?
  2. Apakah kemudahan berbisnis Jati?
  3. Apa saja tips berbisnis jati ?

 

 

  • Tujuan
  1. Untuk mengetahui alasan mengapa memilih jati sebagai objek usaha
  2. Untuk mengetahui kemudahan berbisnis jati
  3. Untuk mengetahui tips berbisnis jati

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

PEMBAHASAN

 

2.1 Mengapa Jati Sebagai Objek Usaha ?

Tentunya sebagai orang yang akan mendirikan usaha atau bisnis ,harus benar-benar tahu alasan mengapa bisnis tersebut dipilih. Berikut beberapa alasan mengapa Jati menjadi objek atau judul dari usaha bisnis kita :

  1. Berbisnis jati khususnya bibit jati akan menyerap banyak tenaga kerja sehinnga mengurangi angka pengangguran yang ada dan meningkatkan sumber daya manusia yang ada, misalnya dengan menyewa buruh pengisi tanah untuk polibek, buruh siram bibit jati dan buruh pemberi pupuk. Belum lagi jika ada yang membeli bibit jati dalam jumlah banyak akan membutuhkan jasa untuk mengangkut bibit ke tempat pengiriman.
  2. Jati banyak digunakan untuk berbagai keperluan seperti :

–           Kayu kayu pohon jati digunakan untuk keperluan bangunan seperti reng atap rumah, soko (tiang) dalam rumah-rumah jawa, sebagai bahan baku pembutan kusen jendela, pintu serta berbagai furniture seperti meja , kursi, almari, dan sebagainya. Dipilih kayu jati tentunya karena kemudahan dalam pemotongan dan pembentukan kayu ini juga awet dan tahan lama.

–              Daun Jati juga dimanfaatkan sebagai alat pembungkus, misal makanan atau bahkan alat pembungkus tempe, untuk berbagai acara seperti nasi kenduri, para petani yang membawa nasi ke sawah akan terasa lebih nikmat bila dibungkus daun jati. Selain itu juga digunakan sebagai pewarna dalam pengolahan gudeg. Daun jati kering digunakan sebagai alas pada kandang ternak (sapi, kambing).

–           Akar&Ranting
Akar pohon jati masih bisa dimanfaatkan, selain sebagai kayu, banyak pengrajin yang menjadikan akar pohon jati menjadi furniture unik seperti meja, kursi dll, kesannya akan nampak unik, dan alami.Ranting juga sebagai kayu bakar.

–  Membantu mengatasi masalah kekurangan pasokan kayu jati ke pasaran dalam maupun luar negeri di masa yang akan datang. Di Jerman, seperti dikutip dari Mirror Kayu jati bahkan di manfaatkan untuk bahan baku replica mobil.

–  Menanam pohon jati berrti memberikan kontribusi kepada pemerintah dalam hal program penghijauan.

3.Manfaat jati dalam dunia kesehatan

Beberapa penelitian membuktikan bahwa jati dapat meneyembuhkan luka , obat dibetes mellitus, obat anemia.

  1. Sifat kayu jati yang tahan lama sehingga tidak takut kayu cepat rusak.
  2. Selain pohon jati bernilai ekonomi dari daun hingga akarnya. Pohon ini juga sangat fleksible karna dapat tumbuh tinggi dan besar pada daerah suburdan cukup air namun pohon ini juga dapat hidup di daerah kering.

 

2.2 Kemudahan Berbisnis Jati

 

Kemudahan berbisnis jadi dapat kita lihat dari banyaknya macam jenis jati sehingga kita memiliki banyak peluang untuk memilih jati mana yang akan kita jadikan parter. Banyaknya jenis jati juga dapat mengurangi kres antara pedagang satu dengan lainnya.

Berbisnis jati seperti yang kebanyakan orang lakukan dengan modal yang banyak tentu akan membantu kelancaran usahanya,anda dapat mencari lahan yang strategis dan seluas-luasnya, produksi bibit jati atau jati anda akan sangan melimpah tentunya dengan laba yang melimpah pula. Nasabah yang ingin berinvestasi juga akan banyak bekerja sama dengan anda, begitu juhga dengan mebel-mebel. Tetapi tanpa modalpun kita bisa berbisnis jati dengan cara menjadi reseller bibit jati. Misalnya anda memiliki kenalan yang berbisnis jati anda dapat mempromosikannya dan jika ada ynag berminat anda dapat mengambil laba dari harga yang anda tentukan sendiri, jika biasanya 1 bibit dijual dengan harga 2500 anda dapat menjualnya seharga 3000. jika 100 bibit saja anda sudah mendapat keuntungan 50.000 padahal itu tanpa modal. Andapun bisa memilih ingin jadi reseller bibit atau reseller kayu jati atau bahkan dua-duanya. Begitupun dengan anda yang ingin berwirausaha jati dapat memilih ingin bibitnya saja yang anda kembangkan atau bisnis kayunya saja atau bahkan dua-duanya.

Jati yang di tanam dipersiapkan untuk dipanenkayunya tidak perlu di control setiap hari sehingga memberikan anda waktu luang untuk aktivitas lainnya.

Semua orang tentu menginginkan keuntungan dalam setiap usaha bisnisnya, seperti halnya kaju jati. Mengingat harga kayu jati yang tiap tahun  cenderung naik, bukan menurun dan permintaan kayu jati yang juga stabil , bahkan masih bisa meningkat tentu masalah laba sangat menjanjikan.

Karyawan anda adalah bagian dari promosi anda, karena karyawan anda dan keluarganya akan mempromosikan jati anda pertama kali jika ada yang mencari jati. Jadi tidak rugi jika anda memiliki banyak karyawan

Jika kayu jati anda sudah melalng buana ke berbgai daerah tentunya tanpa promosipun orang dari jauh akan mencari jati anda. Jika sudah begitu seudah pasti anda hanya akan diam ditempat tetpai uang laba anda tetap mengalir.

 

 

2.3 Tips Berbisnis Jati

 

* Siapkan Modal dan bisnis plan yang matang. Karena akan sangat menentukan keberhasilan anda dalam berbisnis. Dalam membuat bisnis plan anda dapat belajar dari pengalaman senior-senior sehingga anda dapat mengambilyang baik dan membuang buruknya.

* Cari asisten yang dapat membantu memperlancar usaha anda. Asisten disini anda juga akan menentukan banyak tidaknya pembeli anda. Bayangkan saja jika dalam melayani pembeli asisten anda tidak seperti anda atau melayaninya tidak baik tentu pembeli and akan hilang. Usahakan asisten yang sudah berpengalaman atau jika belum berpengalaman anda tau benar orang itu berkualiatas atau tidak dengan melihat riwayat penndidikannya.

*Siapkan lahan kosong untuk ditanami bibit.

* Cari bibit unggul pohon jati yang akan anda jadikan objek usaha. Mungkin anda perlu turun langsung ke lapangan untuk memilih bibit yang unggul. Karena keberhasilan dan kualitas tanaman sangat tergantung pada sumber benih yang di gunakan.

*Perawatan jati sesuai bisnis plan anda. Perawatan yang baik tentunya akan memberikan hasil yang baik, dari mulai pemupukan agar terhindar dari penyakit, penyiraman, penyinarannya, dan lain lain harus anda pikirkan sebelum ada berbisns. Jangan samapi anda sedah memiliki banyak bibit jati tapi anda bingung bagaimana merawatnya.

* Usahakan memiliki alat untuk memotong kayu dan transportasinya sehingga anda hanya menyewa tenaga saja, jika anda belum memiliki alat tersebut anda dapat bekerja sama dengan orang yang kerjanya memotong kayu. Carilah yang bisa sekalian dengan mengangkut kayunya agar pembayaran bisa jadi satu dan relative murah. Usahakan juga yang bisa kerjasama dengan kita dapat dipercaya dan memang kualitas kerjanya baik dan agar bisa bekerja sama dalam jangka yang panjang.

*Siapkan alat transportasi untuk pengiriman bibit atau kayu jati sehingga tidakmenyusahkan pembeli.

*Minimalisir kerusakan bibit yang sedang dalam pengiriman.

*Bangun kepercayaan dengan pembeli, karena mereka bisa datang lebih dari 2-3 kali jika anda memberikan pelayanan yang baik dan tentunya tidak mengecewakan.

* Promosi dengan berbagai cara agar bisnis anda di kenal, bisa melalui internet, pamflet, brosur, iklan di radio, dan lain sebagainya. Usahakan promosi sesuai dengan fakta. Tidak melebih-lebihkan namun memberikan kesan yang menarik pemebeli atau konsumen.

* Jika anda membutuhkan kayrawan anda dapat mencari orang-orang di sekitar daerah dimana bisnis atau usaha anda di kelola, karena dengan begitu masyarakat sekitar merasa dilibatkan sehingga ikut menjagakeamanan bisnis anda.

* Jangan membuka usaha berdekatan dengan pengusaha yang sejenis. Agar peluang banyaknya pembeli anda tidak sedikit. Pandai-pandailah menvcari tempat dan perhatian kepada pembeli misalnya pembelian lebih dari 3 kali bisa ada diskon atau bonus tanaman. Asalkan anda masih tetap mendapat keuntungan tentnya. Jangan sampai ajang mencari perhatian justru membuat anda gulung tikar.

* Jangan takut rugi jika berani laba. Sebagai orang yang memiliki usaha juga harus berani menggung resiko tentunya.

 

BAB III

PENUTUP

3.1 Kesimpulan

            Beberapa alasan mengapa anda memilih jati sebagai objek usaha anda yakni karena menyerap banyak tenaga kerja, banyak digunakan untuk berbagai keperluan seperti Kayu kayu pohon jati digunakan untuk keperluan bangunan, daun Jati juga dimanfaatkan sebagai alat pembungkus, Akar pohon jati masih bisa dimanfaatkan, selain sebagai kayu, banyak pengrajin yang menjadikan akar pohon jati menjadi furniture unik, Membantu mengatasi masalah kekurangan pasokan kayu jati ke pasaran dalam maupun luar negeri di masa yang akan datang. Di Jerman, seperti dikutip dari Mirror Kayu jati bahkan di manfaatkan untuk bahan baku replica mobil, Menanam pohon jati berrti memberikan kontribusi kepada pemerintah dalam hal program penghijauan, jati juga bermanfaaat dalam dunia kesehatan, kayu jati tahan lama sehingga tidak takut kayu cepat rusak. Pohon jati juga sangat fleksible.

Kemudahan berbisnis jadi dapat kita lihat dari banyaknya macam jenis jati sehingga kita memiliki banyak peluang untuk memilih jati mana yang akan kita jadikan parter. Berbisnis jati pun ada yang tidak perlu modal yakni menjadi reseller, baik reseller bibit maupun kayu. Begitupun dengan pengusahanya bisa berusaha bibit saja atau bisa bibit dengan kayunya. Jati yang di tanam dipersiapkan untuk dipanenkayunya tidak perlu di control setiap hari sehingga memberikan anda waktu luang untuk aktivitas lainnya, harga kayu jati yang tiap tahun  cenderung naik, karyawan anda adalah bagian dari promosi anda, jika kayu jati anda sudah melalng buana ke berbgai daerah tentunya tanpa promosipun orang dari jauh akan mencari jati anda.

Tips berbisnis jati yakni menyiapkan Modal dan bisnis plan yang matang, asisten yang dapat membantu memperlancar usaha anda, menyiapkan lahan kosong utnuk ditanami bibit, mencari bibit unggul pohon jati yang akan anda jadikan objek usaha, perawatan jati sesuai bisnis plan, usahakan memiliki alat untuk memotong kayu dan transportasinya, alat transportasi untuk pengiriman bibit atau kayu jati sehingga tidakmenyusahkan pembeli, meminimalisir kerusakan bibit yang sedang dalam pengiriman, bangun kepercayaan dengan pembeli, promosi dengan berbagai cara, cari karyawan dekat daerah lokasi, pandailah mencari tempat untuk usaha dan menarik perhatian pembeli, jangan takut rugi jika berani laba.

 

3.2 Saran

            Menyiapkan bisnis plan dengan sangat matang merupakan kunci suksesnya bisnis yang akan anda jalankan. Bagi anda yang ingin mencoba usaha jati khususnya pelajar bisa dengan cara reseller lewat sosial media maupun langsung karena hanya bermodal promosi saja dan itu bisa di bilang mudah. Pahamilah dahulu seluk beluk berbisnis jati , untuk tambahan mungkin anda bisa mencari tahu bagaimana pengusaha jati bisa sukses dan yang tidak sukses juga karena apa. Dengan harapan bisnis anda bisa menjadi yang terbaik.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Standard

Leave a comment